Mau Jadi Ahli SEO | Mau Tahu Cara Mengoptimasi Website Anda | Mau Toko Online Anda Banjir Pengunjung | Mau Meningkatkan Skil SEO Anda | Klik Banner di Bawah ini dan BUKTIKAN!
SEO Academy, sekolah seo, belajar seo

3.7.12

seo onpage blogger
SEO OnPage Blogger - Kawan beberapa saat lalu saya agak terkejut dengan fasilitas baru pada blogger. Blogger sekarang sudah banyak berbenah dengan fasilitas yang diberikan untuk para penggunanya pada bagian seo onpage sehingga akan membuat para penggunannya semakin mudah. Diantara fasilitas onpage yang diberikan seperti: Meta Deskripsi Blog, pengalihan Khusus atau redirect, robots.txt khusus, tag header robot khusus, mengubah post permanen link, memasang alt dan title pada image, dan nofollow Post link.

Dengan fasilitas seperti diatas maka kita akan semakin mudah untuk mengaturnya tanpa harus merubah ini itu. Untuk lebih jelasnya saya akan tampilkan fasilitas itu satu per satu, selamat membaca.


Meta Deskripsi Blog

Meta Deskripsi Blog memang sangat penting bagi sebuah web atau blog supaya search engine bisa menentukan keyword pada blog atau posting yang kita buat. Kalau dulu kita harus bersusah payah untuk membuat meta tag ini supaya blog kita sesuai dengan seo, tapi kali ini kita tidak perlu lagi untuk memasang meta tag deskripsi ini pada halaman edit html karena ada fasilitas ini, sedangkan caranya adalah.

Login » Setelan » Preferensi Penelusuran » Deskripsi

SEO ONPage Blogger

Pada fasilitas diatas pengaturan deskripsi hanya pada homepage saja, sedangkan untuk halaman setiap posting kamu bisa gunakan langsung pada halaman yang bisa kamu posting pada setelan entri dan cari "deskripsi penelusur", tapi fasilitas ini baru bisa muncul bila kamu sudah aktifkan fasilitas diatas, berikut ini gambarnya.

SEO ONPage Blogger


Pengalihan Khusus atau Redirect URL

Redirect URL berguna untuk mengalihkan url keurl yang lain, misalnya ada url kamu yang rusak maka kamu bisa redirect url itu keurl yang lain atau kamu punya posting yang sama karena kamu sudah ada yang baru maka kamu bisa redirect url yang lama keurl post yang baru, kamu bisa membaca posting saya "Cara Membuat Redirect URL di Blogger" untuk keterangan lebih lanjut. Cara untuk meredirect adalah: 

Login » Setelan » Preferensi Penelusuran » Pengalihan Khusus

SEO ONPage Blogger

Memasang Robots.txt

Dulu memasang robots.txt pada template blogger sangatlah tidak mungkin, tapi sekarang kamu bisa dengan mudahnya untuk memasang robots.txt dengan fasilitas terbaru, berikut ini langkahnya:

Login » Setelan » Preferensi Penelusuran » robots.txt khusus

SEO ONPage Blogger

Memasang Tag Header Robot Khusus

Pada fasilitas ini kamu bisa mengatur bagaimana search engine merayap pada blog kamu seperti apakah diindex atau tidak atau yang lainnya hanya dengan mengatur pada fasilitas ini yang pasti ini akan membuat kamu semakin mudah tanpa perlu memasang meta tag yang rumit, berikut ini langkahnya:

SEO ONPage Blogger

Fasilitas diatas tidak hanya pada  homepage, tag  header, tapi bisa juga pada setiap post yang bisa kamu atur pada halaman post, tapi lagi-lagi ini hanya bisa aktif bisa sudah kamu aktifkan cara yang diatas.

SEO ONPage Blogger


Berikut ini penjelasan singkat istilah-istilah diatas yang saya sandur dari developers.google.com


DirektifMakna
allTidak ada batasan untuk mengindeks atau melayani. Catatan: direktif ini adalah nilai default dan tidak berpengaruh jika dinyatakan secara jelas.
noindexJangan tampilkan halaman ini di hasil pencarian dan tidak menunjukkan "Cached" link dalam hasil pencarian.
nofollowJangan ikuti link di halaman ini
noneSetara dengan noindex, nofollow
NOARCHIVETidak menunjukkan "Cached" link dalam hasil pencarian.
nosnippetJangan tampilkan potongan dalam hasil pencarian untuk halaman ini
noodpJangan menggunakan metadata dari proyek Open Directory untuk judul atau potongan ditampilkan untuk halaman ini.
notranslateJangan menawarkan terjemahan dari halaman ini dalam hasil pencarian.
noimageindexJangan indeks gambar di halaman ini.
unavailable_after: [RFC-850 date/time] Jangan tampilkan halaman ini dalam hasil pencarian setelah tanggal yang ditentukan / waktu. Tanggal / waktu harus ditetapkan dalam format yang 850 RFC .

Mengubah Post Permanen Link

Pada fasilitas ini kamu bisa dengan mudahnya untuk mengatur permalik url posting kamu yang pasti ini sangat bagus untuk seo, tapi harus diingat untuk mengisi permalik ini kamu harus tambahkan tanda strip "-" diantara kata seperti dibawah ini.

SEO ONPage Blogger


Memasang Alt dan Title pada gambar

Kamu dulu untuk memasang Alt dan Title kamu harus setting pada halaman HTML pada posting, tapi sekarang blogger telah menfasilitasi untuk mempermudah pemakai blogger, sedangkan caranya kamu tinggal klik gambar yang akan dipasang Alt dan Title kemudian pilih properties, setelah itu tinggal kamu ini Alt dan Title yang sesuai.

SEO ONPage Blogger

Setelah itu...

SEO ONPage Blogger


Membuat Link Nofollow

Sama seperti diatas kalau dulu kamu harus edit pada halaman HTML, tapi sekarang kamu dengan mudahnya untuk membuat link menjadi nofollow, caranya tinggal kamu blok kata yang akan kamu sisipkan link kemudian kamu klik "Link" pada navbar setelah itu tinggal kamu contoh seperti gambar dibawah ini.

SEO ONPage Blogger

* * *

Yap ini beberapa fasilitas terbaru dari blogger untuk memudahkan seo onpage pada blog kita semoga info ini bisa membantu kamu.

Pin It

12 Komentar:

  1. memang saya akui tampilan baru blog memang sangat mudah sekali..
    nice info ya

    BalasHapus
  2. @Darmawan Saputra: Sama-sama gan, terima kasih ya kunjungannya :)

    BalasHapus
  3. Terima kasih banyak atas informasinya dari saudaraku yang satu ini.




    #Salam silaturahmi dari saudaramu ini

    BalasHapus
  4. @http://bulan-suci-ramadhan.blogspot.com/: Ia sama-sama, terima kasih sudah berkunjung :)

    BalasHapus
  5. Sekarang semua seba ada ya instan,apa bisa membantu utk menaikan pagerank?,thanks infonya gan

    BalasHapus
  6. @Aiai Cosmetic: Setahu saya tidak, untuk lebih lanjut silahkan baca disini >> http://id.wikipedia.org/wiki/PageRank :)

    @Wonolopo Cell: Yo :)

    BalasHapus
  7. Penjelasan tool terbaru Blogspot disini cukup membantu mas Abu. Trimakasih artikelnya.. :)

    BalasHapus
  8. @Blognya Venny: Kegunaannya secara ringkas adalah untuk mengizinkan atau melarang robot crawler pada search engine untuk crawl pada direktori atau halaman tertentu pada sebuah situs.

    @laptop and blogging: Sama-sama gan, terima kasih kunjungannya :)

    BalasHapus
  9. Wah bagus nih artikelnya. Sangat menarik dan inspiratif. Semoga dapat membantu para netizen yang lagi butuh informasi ini. Pokoknya siiip dah. Thanks a million and please carry on the gratifying work.

    BalasHapus

Bila kamu ada pertanyaan silahkan kirim komentar, dan sebelumnya saya mohon maaf bila terlambat membalas karena banyak kesibukan yang lain :)