Mau Jadi Ahli SEO | Mau Tahu Cara Mengoptimasi Website Anda | Mau Toko Online Anda Banjir Pengunjung | Mau Meningkatkan Skil SEO Anda | Klik Banner di Bawah ini dan BUKTIKAN!
SEO Academy, sekolah seo, belajar seo

8.6.12

Pinterest
Jejaring sosial Pinterest yang lahir tahun 2010 ini sudah banyak menyita waktu orang terutama warga Amerika dan Inggris untuk memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang diberikan seperti berbagi foto dan video walaupun jumlah penggunanya masih tergolong masih jauh dibawah sosial media lainnya seperti Facebook, Twitter, Linkedin, dan Google+, akan tetapi karena keunikan dan exsitensi yang membuat Pinterest mempunyai nilai lebih yaitu bahwa banyak yang mengatakan Pinterest dapat meningkatkan brand awareness dan juga volume penjualan toko online.

Menurut berita bahwa baru-baru ini Pinterest mendapat suntikan dana sebanyak 100 juta dolar Amerika dari Rakuten yang berbasis di Jepang, yang menurut pendiri Pinterest dan CEO bahwa:

"Tujuan kami adalah untuk membantu orang menemukan hal-hal yang mereka cintai, dengan menghubungkan orang melalui kepentingan mereka bersama. Rakuten memberikan bantuan yang hal ini akan memberikan kita kesempatan yang luar biasa untuk melangkah lebih dekat ke tujuan ini." 

Pinterest juga mengatakan: Bahwa tambahan modal akan memungkinkan untuk meningkatkan layanan dan memperluas layanan secara global. Perusahaan menekankan bahwa investasi Rakuten adalah awal dari kemitraan strategis yang akan membantu memperluas yang tidak hanya di Jepang tetapi juga 17 pasar lain yang Rakuten mempunyai andil disana.

Dari apa yang telah dinyatakan oleh pendiri Pinterst hal ini menunjukkan akan ada sentilan baru untuk para pembisnis online. Sekarang kita akan sedikit membahas bagaimana Pinterest dapat meningkatkan penjualan toko online.


Tips Memanfaatkan Pinterest Untuk Toko Online

Pinterest  mempunyai alat yang dinamakan PIN yang gunanya untuk menandai foto atau video yang kita sukai, yang bila kita manfaatkan dengan baik akan mendongkrak penjualan toko online kita berikut ini pemanfaat yang bisa kita gunakan dengan "Pin".

Pin Produk Terbaik Anda Punya

Ambillah beberapa foto produk terbaik Anda yang kemudian Anda masukkan di pinboard pada Pinterest Anda. Anda jangan ada keraguan untuk memasukkan produk Anda di pinboard, biarkan para pengguna Pinterest menilal produk-produk yang Anda upload sehingga Anda akan tahu apa produk ini bagus atau tidak.

Dan jangan lupa untuk menautkan link produk pada toko online Anda, tapi Anda harus ingat jangan sekali-kali Anda mempromosikan produk secara membabi buta sehingga membuat para pengguna Pinterst memjadi terganggu sehingga akan berdampak buruk pada toko online Anda.

Pin Testimoni Pelanggan Anda

Bila Anda bisa untuk meminta testimoni para pelanggan untuk memfoto mereka bersama produk yang Anda kirim dengan disertai text testimoni mereka yang ini sangat bagus yang akan berdampak para calon pelanggan baru bisa lebih percaya kepada Anda. Jadi semakin banyak testimoni maka semakin bagus produk Anda dimata konsumen.

Pin Foto Produk Yang Terkait

Sangat disarankan untuk mempin produk-produk Anda yang terkait sebagai pelengkap produk utama Anda walaupun Anda belum memiliki produk tersebut, jadikanlah pinboard Anda terkesan kepada pengguna Pinterest dengan sesuatu yang baru.

Hal ini pernah dilakukan oleh Oreck seorang vendor Vacum cleaner di AS yang membuat para pengguna Pinterest berkesan. Pada awalnya para pengguna Pinterest menyangka bahwa ia akan upload produk-produk Vacum cleaner lainnya, dan ternyata bukan foto Vacum cleaner tapi foto kucing yang lucu sedang bermain di lantai atau sofa dimana Vacum cleaner ini biasa digunakan, wow ide yang cerdik.

Pin Foto Kegiatan Karyawan Anda

Sebuah langkah yang patut dicoba adalah Anda memfoto kegiatan-kegiatan apa yang dilakukan karyawan Anda sehingga para konsumen tahu bagaimana produk Anda diproduksi.

* * *

Ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan "brand awareness dan juga volume penjualan toko online" akan tetapi bagaimana dengan produk-produk Indonesia apakah tips ini bisa digunakan?

Tentu bisa bagi para pemilik produk yang mempunyai target pasar luar negeri. Dan bagi yang menargetkan pasar lokal juga masih bisa menggunakan tips ini walaupun masih kurang maksimal karena pengguna Pinterst masih kecil akan tetapi dengan menggunakan Pinterest sebagai media pemasaran menjadikan perusahaan  Anda terlihat maju karena selalu mengikuti perkembangan dunia maya.

Pin It

4 Komentar:

  1. saya suka pinteres. bagus. sudah menggunakan threelas plugin? mantab satu plugin untuk semua widget. silahkan datang ke http://www.threelas.com agar lebih jelas. Jadikan pengalaman blogging anda menarik

    BalasHapus
  2. @Putri Arisnawati: Yo ba putri terima kasih kunjungannya :)

    BalasHapus
  3. wah kalau pinterest.. saya rasa masih kurang optimal kalo target pasarnya dalam negeri mas

    BalasHapus
  4. @herma davian: Setuju mas, kan saya sudah kasih keterangan dibawahnya coba baca lagi :)

    BalasHapus

Bila kamu ada pertanyaan silahkan kirim komentar, dan sebelumnya saya mohon maaf bila terlambat membalas karena banyak kesibukan yang lain :)