Mau Jadi Ahli SEO | Mau Tahu Cara Mengoptimasi Website Anda | Mau Toko Online Anda Banjir Pengunjung | Mau Meningkatkan Skil SEO Anda | Klik Banner di Bawah ini dan BUKTIKAN!
SEO Academy, sekolah seo, belajar seo

27.5.12

ppc vs seo
Dalam beberapa tahun ini Indonesia sedang giat-giatnya orang untuk menggunakan Internet guna memasarkan produk-produk mereka dengan berbagai macam cara diantaranya adalah dengan layanan PPC (Pay Per Click) dan juga dengan sistem SEO. Kedua trik ini memang sangat bagus untuk dicoba guna mendongkrak jumlah pembeli produk-produk yang dipasarkan atau minimal orang bisa tahu produk apa yang kita jual.

Akan tetapi bila disuruh pilih gunakan PPC atau SEO atau harus kedua-duanya?

Jawabanya bisa dengan PPC atau SEO atau dikombinasikan dengan keduanya, jadi tergantung kebutuhan. Sebelum lebih jauh untuk menentukan apakah menggunakan PPC atau menggunakan sistem SEO untuk memasarkan produk kita, kita terlebih dahulu harus mengetahui apa itu PPC, dan apa itu SEO. Berikut ini penjelasan singkatnya.


Apa Itu PPC?

PPC singkatan dari "Pay Per Click". PPC ini merupakan sistem pengiklan yang membayar setiap pengunjung mengklik iklan tersebut yang selanjutnya akan dibawa ke website Anda. Diantara yang memberikan layanan ini adalah: Google Adword, Yahoo Search Marketing, dan MSN adCenter, ketiganya ini merupakan layanan PPC luar negeri sedangkan dari dalam negeri seperti PPCindo, Kumpul Blogger, dan Klik Saya.


Apa Itu SEO?

SEO singkatan dari "Search Engine Optimization". SEO ini merupakan sistem jangka panjang untuk mengoptimasi sebuah situs supaya mendapatkan trafik baik itu lewat search engine atau pun sosial media, bila yang diharapkan mendapat trafik lewat search maka pengoptimasian ini meliputi: riset keyword, membuat meta tag yang disukai search engine, judul, internal link, external link, membuat konten yang bermutu, dll.

Contoh iklan PPC dan Sistem SEO:
ppc vs seo


Mana Yang Harus Dipilih. PPC Atau SEO?

Diatas sudah sedikit saya terangkan apa itu PPC dan SEO. Sekarang mana yang harus dipilih, gunakan PPC atau SEO? Jawabanya tergantung keadaan, berikut ini saya akan jelaskan secara singkat perbedaan dan juga kelebihan dan kekurangan dari keduanya (PPC dan SEO)

Perbedaan PPC dan SEO

Segi waktu:
PPC: Bila Anda ingin mendapatkan visitor yang cepat dengan harapan cepat pula ada pembeli yang membeli produk anda maka langkah untuk menggunakan ppc adalah langkah yang tepat perlu dipertimbangkan, tapi ini hanya betahan bila budget masih tersedia, bila sudah habis maka hilang pula visitor yang datang.

SEO: Untuk SEO guna mendapatkan visitor sangatlah lama, mungkin bisa berbulan-bulan keyword yang kita bidik baru bisa kita rasakan, tapi bila sudah bertengger dihalaman pertama maka ini bisa lebih lama bertahan dan visitor pun terus berdatangan.

Segi biaya:
PPC: PPC sangat bergantung dengan biaya atau budget yang tersedia, semakin banyak maka semakin lama pula situs kita bertengger pada keyword yang kita bidik dan budget ini akan terkuras habis seiring banyak visitor yang mengklik iklan kita dan besarnya biaya klik ini tergantung besarnya bid advertiser dan mahalnya keyword yang dibidik.

SEO: SEO nyaris tanpa biaya untuk mendatangkan visitor ke website kita kecuali kita menggunakan jasa seo untuk mengoptimasi website pada keyword yang kita bidik.

Segi trik:
PPC: Untuk menggunakan ppc kita setidaknya menggetahui cara beriklan dan juga buying keyword supaya bisa mendapatkan jumlah budget yang sesuai untuk dikeluarkan tanpa sia-sia.

SEO: Seorang yang menggunakan SEO haruslah tahu bagaimana cara mengoptimasi website atau blognya pada keyword yang dibidik.


Diatas adalah diantara perbedaan antara PPC dan SEO yang membuat kita semakin jelas mana yang akan digunakan, PPC atau SEO? Berikut ini adalah keuntungan dan kerugian dari sisitem PPC dan SEO.


Keuntungan dan Kelemahan Sistem PPC

Sistem PPC memiliki keunggulan dari sistem SEO yaitu cepatnya dapat hasil dalam hitungan jam saja, dan biasanya sistem ppc ini digunakan pada saat keadaan-keadaan tertentu seperti promo, produk baru, atau event-event tertentu seperti saat lebaran, pada saat itu banyak orang yang mencari produk-produk yang berkaitan dengan lebaran maka saat itulah penggunaan ppc sangat tepat dibanding sisten seo.

Akan tetapi sistem ini pun punya kelemahan yaitu bila budget yang digunakan habis maka otomatis iklan itu pun hilang dan mau tidak mau pengunjung pun akan berkurang sangat drastis.


Keuntungan dan Kelemahan Sistem SEO

Bila Anda ingin menggunakan sistem seo yang Anda lakukan sendiri tanpa menggunakan jasa seo, maka Anda harus tahu trik-trik yang baik dan benar, dan bila trik-trik yang Anda pakai berhasil dan masuk pada halaman pertama maka Anda akan mendapatkan pengunjung melalui search engine tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Dan bila dibandingkan dengan sistem ppc maka sistem seo maka website Anda akan memiliki kesempatan lebih besar sekitar 80% untuk diklik dibanding Anda menggunakan ppc.

Akan tetapi sistem seo ini mempunyai kelemahan yaitu untuk mencapai halaman pertama pada search engine membutuhkan waktu yang tidak sedikit, seperti waktu terindex sampai menuju kehalaman pertama, ini membutuhkan waktu dan optimasi yang konsisten, dan tidak satu orang pun tahu apa maunya search engine ini karena algoritma yang berubah-ubah sehingga Anda harus selalu menyesuaikan dengan search engine.

* * *

Setelah kita mengetahui apa itu ppc dan juga seo dari beberapa segi kita bisa tarik kesimpulan bahwa kedua sistem ini mempunyai keuntungan dan kelemahan yang harus kita sesuaikan dengan target yang kita inginkan. Bila membutuhkan yang cepat maka sistem ppc lah merupakan pilihan yang tetap dan tentu Anda juga harus memiliki budget tersendiri.

Dan bila Anda ingin mendapatkan visitor dari alami atau secara organik maka Anda harus bersabar karena butuh waktu lama, tapi bila Anda mengincar trend dengan sistem seo, maka mungkin saja trend sudah berganti sedangkan website Anda baru muncul kepermukaan, maka pilihlah yang tepat ppc atau seo.

Pin It

8 Komentar:

  1. artikelnya bagus gan,

    BalasHapus
  2. @Griya Kliniki Online: Terima kasih, alhamdulillah artikel ini bisa bermanfaat :)

    BalasHapus
  3. wah.. mantap analisisnya :D kalau saya mending SEO saja :)

    BalasHapus
  4. @herma davian: terima kasih gan, alhamdulillah ini hasil belajar internet marketing, kamu bisa baca disini >>

    http://blogmuhammad23.blogspot.com/2012/05/imerscoid.html

    BalasHapus
  5. Kalau saya pribadi akan lebih memilih seo sebab ini gratis namun bila cara seo gagal maka saya akan menggunakan program periklanan Google untuk memunculkan web saya di halaman 2 google.
    Nice share dan sukses selalu

    BalasHapus
  6. @Jefry: Sip mas setiap cara ada jalannya :)

    BalasHapus
  7. Ulasan yang bagus mas
    SEO menurut saya ilmu yang sebenarnya, apalagi berhasil mendapat peringkat yang baik di mata mbah google. PPC cuma jalan pintas aja.
    Keep posting
    by Fox
    http://foxxic.blogspot.com

    BalasHapus
  8. @BEST PTC SITES: Ia gan, terima kasih sudah berkunjung ya :)

    BalasHapus

Bila kamu ada pertanyaan silahkan kirim komentar, dan sebelumnya saya mohon maaf bila terlambat membalas karena banyak kesibukan yang lain :)