Mau Jadi Ahli SEO | Mau Tahu Cara Mengoptimasi Website Anda | Mau Toko Online Anda Banjir Pengunjung | Mau Meningkatkan Skil SEO Anda | Klik Banner di Bawah ini dan BUKTIKAN!
SEO Academy, sekolah seo, belajar seo

23.5.12

Melayani Pelanggan
Sekarang ini sudah sangat banyak orang yang membuka usaha sendiri atau wiraswasta dengan berbagai macam alasan ada yang karena dipecat, gaji di kantor pas pasan, atau karena memang dia melihat masa depan yang gemilang dengan berwiraswasta. Akan tetapi banyak dari mereka yang juga berguguran karena banyak hal salah satunya tidak tepatnya melayani pelanggan-pelanggan mereka baik karena memberi informasi yang tidak sesuai yang akhirnya pembeli kecewa, tidak cepat tanggap dan juga tepat dalam melayani pelanggan atau sebab-sebab yang lain.

Seharusnya seorang wiraswasta punya strategi yang tepat bagaimana cara melayani pelanggan yang baik dan memuaskan para pelanggan mereka yang akhirnya mereka menjadi pelanggan setia. Lebih baik punya pelanggan 10 per hari tapi setia dari pada 100 tapi tidak mau kembali lagi, untuk itu yuk kita cari tahu apa saja kiat-kiat yang bisa kita lakukan untuk memuaskan pelanggan sehingga setia.


Jujur Kepada Pelanggan

Sebagai seorang wiraswata seharusnya mempunyai sifat jujur terhadap para pelanggannya dalam menjelaskan produk-produk yang ia tawarkan dari segi kelebihan yang tidak boleh dilebih-lebihkan dan juga dari segi kekurangan jangan sampai ditutup-tutupi. Terangkanlah sebagimana adanya karena bila tidak dan ternyata pelanggan tahu bahwa informasi yang Anda berikan itu tidak seperti yang Anda terangkan maka ia akan kecewa dan mungkin tidak akan kembali lagi karena sudah hilang kepercayaan terhadap produk-produk Anda, maka bila Anda ingin mendapat pelanggan setia dimulai dari sekaranglah bersikap jujur.


Komitmen dan tepat janji

Bila Anda menjanjikan sebuah service kepada para pelanggan misalnya Anda menjanjikan bila produk terdapat cacat maka pembeli boleh memulangkan dan menukarnya dengan yang baru atau yang semisalnya maka tepatilah, bila tidak terpenuhi biasakanlah untuk memberikan informasi kenapa Anda tidak bisa menepati dan berikanlah solusi yang bisa menggantikannya.


Akuilah kesalahan Anda

Mengakui kesalahan memang suatu perkara yang tidak mudah, tapi bila Anda mengiginkan kemajuan dan juga kesetiaan para pelanggan-pelanggan Anda, dan berapa banyak para pelanggan yang setelah mendapat penjelasan atas kesalahan produsen akhirnya bisa memahami dan bahkan menjadi pelanggan setia karena kejujuran atas kesalahan yang produsen lakukan.


Hindari debat kusir dengan pelanggan Anda

Setiap produsen pastilah pernah mendapatkan keluhan terhadap produk yang ia jual baik keluhan biasa-biasa saja sampai keluhan yang luar biasa dan bila produsen bisa menanggapi keluah-keluhan tersebut dengan baik maka masalahpun selesai, tapi bagaimana bila ditanggapi dengan cara yang tidak baik yaitu dengan mendebat pelanggan yang melayangkan keluhan tersebut dengan mendebat mereka guna membela produk-produk mereka.

Apakah ini salah?

Ya jelas salah. Bahkan ini merupakan kesalahan fatal, siapa yang mau untuk didebat terlebih pelanggan yang tujuan pelanggan melayangkan keluhan adalah untuk mencari solusi buka pembelaan yang akhirnya muncul perdebatan walaupun Anda diposisi benar dan ini bukan sebagai alasan untuk Anda mendebat mereka, tapi layanilah mereka dengan baik dan berilah solusi yang bisa menenangkan hati para pelanggan.


Cepat dalam memberikan respon

Siapa sih yang tidak senang bisa dia mendapat respon yang cepat bila melayangkan keluhan atau menanyakan suatu hal dan cepatnya memberikan respon merupakan langkah yang tepat guna mendapatkan pelanggan yang setia.


Jalin komunikasi yang baik

Komunikasi yang baik merupakan suatu sikap yang baik guna melancarkan usaha kita guna mendapat respon positif dari para pelanggan. Tanpa komunikasi yang baik maka pelanggan pun akan merasa kesulitan untuk menanyakan berbagai macam hal yang mungkin yang akan ditanyakan bisa membuat usaha kita menjadi semakin maju dan guna komunikasi yang baik juga bermanfaat untuk mendapat informasi bagaimana  membuat pelanggan puas terhadap service yang diberikan.

Yap ini beberapa tips "Kiat Tepat Melayani Pelanggan" semoga tips ini bermanfaat untuk Anda. Semoga sukses.

Pin It

0 Komentar:

Posting Komentar

Bila kamu ada pertanyaan silahkan kirim komentar, dan sebelumnya saya mohon maaf bila terlambat membalas karena banyak kesibukan yang lain :)