Mau Jadi Ahli SEO | Mau Tahu Cara Mengoptimasi Website Anda | Mau Toko Online Anda Banjir Pengunjung | Mau Meningkatkan Skil SEO Anda | Klik Banner di Bawah ini dan BUKTIKAN!
SEO Academy, sekolah seo, belajar seo

18.5.12

page rank
Setiap pemilik blog atau pun situs-situs besar sangatlah mendambakan bila situsnya memiliki pagerank yang bagus akan tetapi banyak dari mereka yang tidak tahu bagaimana cara meningkatkan pagerank pada situs-situs mereka. Mereka sudah berusaha membuat konten-konten yang berkualitas selama berbulan-bulan, tapi tetap saja pagerank situs mereka masih kecil atau bahkan tidak ada satu pun.

Pada posting kali ini saya akan share beberapa tips cara meningkatkan pagerank situs atau blog, sebenarnya untuk menyajikan tips ini sungguh berat karena pengunjung juga mau melihat apakah pemilik blog juga sudah mendapatkan pagerank, dan -alhamdulillah- blog ini sudah memdapatkan hadiah pagerank oleh bah Google walaupun masih kecil, dengan itu saya memberanikan diri untuk menyajikan beberapa tips yang saya lakukan dari hasil menerapkan beberapa tips yang pernah saya baca.

Akan tetapi yang diharus diingat bahwa pagerank tidak ada hubungannya dengan SEO dan juga besarnya lalu lintas pengunjung, tapi penilaian berdasarkan jumlah link balik yang berkualitas untuk blog atau situs kita.

Yap sekarang saya akan memberikan beberapa tips bagaimana cara meningkatkan pagerank dan sebelum keinti masalah kita harus tahu apa itu pagerank.


Apa Itu PageRank?

PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Sedangkan cara kerja adalah sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10.

Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil. (id.wikipedia)

Itu adalah yang dimaksud dengan pagerank dan selanjutnya kita akan memasuki pembahasan ini tip cara meningkatkan page rang.


Cara Meningkatkan PageRank

Kirim Situs Atau Blog Anda ke DMOZ.org

DMOZ merupakan situs open source direktori yang sangat terkemuka, yang membuat dmoz.org menjadi banyak incaran para pemilik blog atau situs untuk mendaftarkan situs mereka adalah karena bila situs mereka disetujui otomatis akan tersubmit pada 'Google Directory' yang menjadikan tingkat pagerank kita bagus.

Akan tetapi untuk diterimanya situs kita tidaklah mudah karena hanya situs yang mempunyai kualitaslah yang akan diterima dan setiap situs akan diperiksa secara manual, maka dengan mendaftarkan situs kita ke dmoz merupakan langkah yang baik untuk memulai.


Membuat Konten Yang Original dan Unik:

Kata orang "Konten Adalah Raja" ya memang benar istilah ini dan istilah ini memang sekarang sudah menjadi panduan dasar bagi setiap blogger yang ingin membuat konten. konten yang baik minimal harus ada dua kriteria yaitu "original dan unik" dan pasti setiap orang yang membaca konten yang original dan unik lebih disukai dibanding konten yang isinya hanya copy paste atau orang sekarang mengatakan konten copas.

Konten yang original dan unik bukan hanya disukai manusia, tapi bah google pun juga suka dan sangat membenci bila membaca yang seluruh konten didalamnya hanya copy paste saja. Maka bila ingin blog atau pun situs Anda mendapat pagerank yang bagus mulai dari sekarang untuk membuat konten yang original dan unik dan tentu saja yang berkualitas, bila tips ini Anda terapkan maka bisa dipastikan -insya Allah- Anda akan melihat pagerank Anda bertambah.


Cari Backlink Yang Natural dan Berkualitas

Setiap orang yang sudah memahami akan pentingnya backlink pasti akan mencari backlink yang bisa mereka dapatkan untuk situs-situs mereka dengan berbagi cara: ada yang memakai tool (software backlink), menyewa jasa backlink dan lain-lainnya.

Akan tetapi banyak yang tidak mengetahui apakah backlink yang mereka cari bisa berdampak fatal atau tidak, seperti software backlink yang menjanjikan ribuan backlink untuk situs Anda dan para jasa backlink pun juga sama yang jadi pertanyaan apakah backlink yang akan didapatkan itu berkualitas atau tidak, dan bila berkualitas apakah natural atau tidak dan bila natural apakan satu tema atau tidak? Maka hal ini harus jadi pertimbangan untuk para pemilik situs yang mencari backlink terhadap situs-situs mereka karena bila tidak maka situs Anda yang akan hancur.


Menjadi Penulis Tamu

Untuk tips ini saya belum melakukannya, tapi ini sangat bagus untuk dicoba karena biasanya bila Anda mengirim sebuah konten yang berkualitas yang sesuai dengan harapan pemilik situs yang akan Anda kirim dan diterima maka Anda akan mendapatkan link balik untuk situs Anda yang sudah pasti link tersebut dofollow.

Yang perlu diperhatikan sebelum Anda mengirim konten pada situs yang Anda inginkan adalah:
  • Apakah situs itu satu tema dengan situs Anda.
  • Apakah situs itu punya popularitas yang bagus dimata pengunjung.
  • Apakah situs ini mempunyai pagerank yang cukup.


Update "Menjadi Penulis Tamu": Sangat tidak disarankan untuk menjadi penulis tamu seperti dari situs-situs artikel direktori seperti ezine. Sangat diisarankan untuk remove atau hapus link nya, mengingat situ-situs artikel direktori itu akhir-akhir ini jadi perhatian besar oleh Google.

* * *

Inilah beberapa tips cara meningkatkan pagerank yang mungkin bisa Anda terapkan untuk mendapatkan pagerank yang bagus minimal situs Anda mendapat pagerank 1 dan semoga bermanfaat.

Pin It

68 Komentar:

  1. @Menaikkan pagerank blog: Yo sama-sama :)

    BalasHapus
  2. Apa agaan tahu link untuk backlink gratis...
    tolong di posting donk...

    BalasHapus
  3. hehe...lumayan. ngarep backlink = ngarep Pagerank = semoga semua saling bantu. Happy bloging.

    BalasHapus
  4. @psychologymania: Dalam waktu dekat -insya Allah-

    @catatan Seorang Jaksa: Yo sama-sama :)

    BalasHapus
  5. PR = Kerja keras n rutin update plus rajin posting...salam sukses selalu.thanks

    BalasHapus
  6. @penerjemah bahasa mandarin: Yo sama-sama :)

    BalasHapus
  7. info yang bermanfaat, smoga,, :)

    BalasHapus
  8. Ane Coba Dulu Ya Gan, Makasi Tipsnya, Semoga Page RankQ Bisa Naik...

    BalasHapus
  9. @idteknologi.com: Yo mas semoga berhasil ya, dan ingat ini hanya penelitian saya saja dan Anda bisa coba dengan trik-trik lain, dan yang pasti harus sabar :)

    BalasHapus
  10. Page rank, aku belum begitu paham. Backlink apa lagi. Tapi thanks dah di share ilmunya

    BalasHapus
  11. @callysta10: Ya tidak apa-apa nanti juga akan paham -insya Allah- yang penting tetap blogging :)

    BalasHapus
  12. Artikelnya bagus dan bermanfaat gan... Thank's. Salam Auto Submit!

    BalasHapus
  13. @Auto Submit Top 10 Google: Yao sama-sama gan, buka jasa juga ya :)

    BalasHapus
  14. siip gan infonya saya yakin blog anda sangat bermanfaat bagi para blogger mania, jgn lupa berkunjung di web saya y gan,.
    trimsss'

    BalasHapus
  15. @Usaha sampingan: Yap sama-sama gan, ini semua berkat Allah :)

    BalasHapus
  16. wew rame bener blog nya gan tanks tips nya

    BalasHapus
  17. @irvan: Terima kasih gan :)

    BalasHapus
  18. Pengunjung lumayan banyak, berbagai cara telah dilakukan tapi page rank tetap aja nol, semoga tips ini bisa membantu.... makasih gan semoga sukses terus...

    BalasHapus
  19. @Tatang Sobandi: Semua itu butuh waktu dan kesabaran, terkadang cepat dan terkadang sangat lambat, tapi pagerank ataupun alexa itu hanya ukuran mereka saja, dan bila kita belum mendapatkannya bukan berarti artikel kita jelak, yang terpenting teruslah menulis artikel yang bermanfaat guna mencerdaskan anak bangsa :)

    BalasHapus
  20. mantap gan..
    semoga cepat naik dh PR nya.
    hehehhee

    BalasHapus
  21. Nice om.. tp ada ga tips dan trik yang lebih relevan? Ini terlalu diputar-putar dan tidak ada solusi..

    BalasHapus
  22. @Reza Natadipura: Begitu ya, terima kasih atas keritikannya -insya Allah- akan dibuat artikel yang lebih detail lagi :)

    BalasHapus
  23. @zhu sakura: Masya Allah begitu ya sama dong saya juga baru satu, ayo bagi-bagi tipsnya di sini jangan disimpen dikantong terus :)

    BalasHapus
  24. semoga Trik ini bisa menjadikan kita menjadi blogger handal, dan jagoan

    BalasHapus
  25. Many knowledge and information I got from your site, especially about pagerank, looks like I have a lot to learn, thanks and greetings of friendship

    BalasHapus
  26. @Explore IPTEK: Alhamdulillah kalau memang apa yang saya tulis ini bermanfaat, selamat mencoba :)

    BalasHapus
  27. terima kasig gan atas infonya, semakin banyak referensi akan semakin baik untuk meningkatkan PR saya sekaligus alexanya.
    Gan saya mau tanya ni, gimana kalo dengan cara ping, apakah kalo kita sering melakukan ping dapat berakibat fatal?

    BalasHapus
  28. @Samsung Akan Tinggalkan Android: (jawaban ini hasil dari dialog saya dengan salah satu teman)

    Ping bisa meningkatkan pagerank. lakukan secara rutin, tapi jangan berlebihan, kalau bisa ping dgn konten terspinner. pokoknya apapun boleh dilakukan secara natural.

    Anda bisa mengunakan jasa ping spt, pingler.com, pingomatic.com dll

    1 post maks 3x ping melalui 3 service yang berbeda. Tidak apa-apa
    kalau mau rutin seminggu sekali buat satu pos.

    BalasHapus
  29. terimakasih atas informasinya salam http://www.zonateknik.com

    BalasHapus
  30. wah kapan yah blog ane serame blog ini hehe...
    nice infonya masbos, dari ngebaca postingan ama komentarnya ane jadi sedikit lebih faham. thnks for info

    BalasHapus
  31. wah terupdate... ane suka ini..... makasi info2 yang diberikan.

    BalasHapus
  32. blog ane kok susah ngangkatnya sob alias ngdapetin PR...mohon pencerahannya.thanks

    BalasHapus
  33. @Zona Teknik: Sama-sama gan :)

    @Jackrose Hosting: Yo, makasih kunjungannya ya :)

    @tips bloging: Sabar aja, pagerank itu dak penting kok, yang penting tulisannya, betul :)

    @New Software: Sama-sama gan :)

    @ena: Sama-sama gan :)

    penerjemah bahasa korea: Kalau sudah ikut trik diatas ya sabar saja gan yang penting jumlah pengunjungnya banyak untuk apa pagerank bagus, tapi minim pengunjung. Betul! :)

    BalasHapus
  34. Salam kenal mas , blog magazine ( edukasibanten ) yg saya kelola dan masih baru ini apa perlu dipasang embed pagerank ? karena kalo lihat daftar hits ( jumlah pengunjung ) pada dashboard cpanel, jumlahnya masih minim bgt :D . Trm ksh

    BalasHapus
  35. manteb gan sharingnya,

    btw ada yang mau jadi penulis tamu di blog saya???

    BalasHapus
  36. @masnata: Menurut saya pasang embed pagerank tidak perlu2 amat.

    @angger: Boleh juga tawarannya tuh :)

    BalasHapus
  37. makasih sobat tipsnya... kau coba ternyata butuh kesabaran

    BalasHapus
  38. @insan: Ia sama-sama sob, tapi ingat pagerank ini bukan segala-galanya yang penting tetap menulis untuk berbagi kepada bangsa :)

    BalasHapus
  39. susah banget cari backlink yg banyak...nice share n slm kenal

    BalasHapus
  40. @Mesin Cetak Digital: Sama-sama gan, boleh juga tuh mesin cetaknya :)

    @Atep Abdul Holiq: Cari backlink dak perlu banyak2 yang penting berkualitas, untuk apa punya 100 lembar uang kertas tapi seribuan semua lebih enak punya 10 lembar uang kertas tapi 100rb semua, ia kan? :)

    BalasHapus
  41. terimaksih gan.....saya sudah coba mendaftar di dmoz, iseng aja, saya belum yakin diterima, tapi terimaksih, membantu sekali artikelnya.

    BalasHapus
  42. @ione-bacero: Sip gan, tapi ingat ya harus pilih kategori yang sesuai...:)

    BalasHapus
  43. Artikel anda bagus sekali dan sesuai dengan apa yang saya butuhkan saat ini. Saya sangat terkesan dan setuju dengan postingan di atas!
    Saya akan kembali lagi lain kali untuk membaca postingan anda yang lain.
    Terima kasih dan tetap semangat!

    BalasHapus
  44. Artikelnya Bagus,ada yang mau saya tanyakan Apakah setiap tulisan,seperti memperkenalkan produk yang dijual akan dibaca spider web?dan juga di web saya ada artikel tips and news apakah dibaca juga oleh spider google?

    BalasHapus
  45. @Rahasia Kekuatan Pikiran: Terima kasih kawan..:)

    @Aiai Cosmetic: Ia, selama Anda mengizinkan robot spider -insya Allah- akan dibaca oleh robot spider :)

    BalasHapus
  46. bagus para komentator..maen ke blogku ya..

    BalasHapus
  47. @Prayogo,S.Kom: Ia mas, terima kasih sudah berkunjung keblog yang sederhana ini :)

    BalasHapus
  48. Blog saya sudah lama PR1 dan tidak pernah berubah, walau visitornya ribuan. Jadi benar, banyaknya visitor tidak menjamin menaikkan PR. Terima kasih pencerahannya. Salam kenal!

    BalasHapus
  49. sederhana tapi butuh waktu untuk melihat hasilnya

    BalasHapus
  50. Terimakasih mas infonya, sangat membantu .... :)

    Salam kenal.... :)

    BalasHapus
  51. @pasang iklan gratis: Ia gan kita harus sabar, betul? :)

    @free backlink pr 2 : Yo pantang mundur :)

    @Usaha Laundry : Sama-sama gan :)

    BalasHapus
  52. @Jamaris Online: Ia gan, salam kenal juga. Terima kasih sudah berkunjung :)

    BalasHapus
  53. Article yg berkualitas! Gan gmn Cr mengkombinasikan PR yg tinggi juga lalu lintas traffic yg padat juga?

    BalasHapus
  54. G +1 untuk postingan ini.

    benar-benar amat sangat berguna sekali, teman

    BalasHapus
  55. Ulasan yg sgt berbobot smp aku terhanyut menyimaK memhami jurus2 masbro
    Yg Akan sgr diprktkn

    BalasHapus
  56. boleh dicoba juga tipsnya gan..

    BalasHapus
  57. informasi yang bermanfaat buatku sobat terima kasih

    BalasHapus
  58. infonya sangat menarik saya juga punya pengalaman sendiri dengan pagerank

    http://gayatekno.blogspot.com/2013/02/berbagi-pengalaman-optimasi-page-rank.html

    BalasHapus

Bila kamu ada pertanyaan silahkan kirim komentar, dan sebelumnya saya mohon maaf bila terlambat membalas karena banyak kesibukan yang lain :)