Mau Jadi Ahli SEO | Mau Tahu Cara Mengoptimasi Website Anda | Mau Toko Online Anda Banjir Pengunjung | Mau Meningkatkan Skil SEO Anda | Klik Banner di Bawah ini dan BUKTIKAN!
SEO Academy, sekolah seo, belajar seo

23.2.12

bisnis-online
Assalamu'alaikum, kawan bisnis online dijaman ini sudah sangat menjamur dimana-mana, dimulai dari produk sandang, pangan, dan papan bisa kita temukan dengan mudah di Internet, yang menunjukkan bagusnya prospek bisnis online dimasa depan, kalau diluar negeri sudah tidak asing lagi transaksi jual beli secara online, karena menurut para penjual, menjual secara online merupakan langkah sebagai batu loncatan supaya para konsumen bisa mengenal produk-produk mereka dengan mudah walaupun konsumen tersebut berdomisil pada daerah yang jauh, dan menurut para pembeli, membeli secara online bisa menghemat waktu dan uang mereka.

Akan tetapi bila kita ingin juga terjun pada bisnis online ini, apakah kita sudah punya minat, dan pengetahuan bagaimana cara melakukan bisnis online, karena memang bisnis online ini tidak semudah membalikkan tangan, yang sudah pasti ada resiko-resiko yang mesti dialami, dan bohong bila ada yang mengatakan bebas resiko, mungkin saja kamu punya minat tapi tidak tahu bagaimana melakukannya, ada yang tahu tapi tidak punya minat, untuk itulah pada postingan kali ini akan akan memberikan beberapa pertanyaan yang mesti dijawab, dan jawabanya ada unsur-unsur kecenderungan seseorang apakah kamu tipe pembisnis online atau tidak, maka jawablah dengan jujur.


Dapatkah Saya Menjalankan Bisnis Online ?


1. Bila kamu mengetahui banyak produk yang bisa dijual melalui internet apa yang akan kamu pikirkan.

a. Saya harus bersikap hati-hati walaupun ini kabar yang baik, karena untuk menjual produk di internet tidaklah mudah, saya tidak mau harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk melakukan promosi, kalau untungnya tidak seberapa, lebih baik tidak usahlah ikut-ikutan.
b. Memang benar banyak peluang untuk menjual produk di internet, tapi masyarakat belum banyak yang menggunakan internet, dari pada saya paksakan, malah bisa rugi, lebih baik bisnis yang lebih kelihatan untungnya aja deh (baca : rill)
c. Masya Allah, ini merupakan berita yang sangat bagus, saya akan melakukan riset untuk meneliti produk apa yang bisa saya jual secara online di internet, walaupun agak sulit, tapi ini merupakan rintangan yang harus bisa saya hadapi.

2. Biasanya berapa lama kamu menggunakan waktu untuk berselancar di internet dalam sehari ?

a. Saya tidak berlama-lama berselancar di internet, paling lama hanya 2 jam, saya rasa ini sudah lebih dari cukup, toh internet hanyalah media informasi, walaupun bisa saja mencari laba lewat bisnis online, ah tapi saya tidak punya waktu.
b. Saya biasa berselancar di internet tidak lebih dari 1 jam saja, ketika saya berselancar saya gunakan untuk membaca berita, melihat email, dan membuka akun facebook atau twitter saya, karena ini sangat membantu untuk mengetahui dunia luar dengan mudah.
c. Saya bila berselancar lumayan lama, minimal 2 jam sehari, ketika saya berselancar, saya manfaatkan untuk membaca berita, dan lain-lainnya, dan juga saya mempunyai beberapa blog yang mesti saya update minimal satu minggu sekali.

3. Bila kamu ditawarkan sebuah hadiah, anggaplah tablet, apa yang kamu katakan ?

a. Tablet is't ok, yah lumayanlah supaya tidak dicap teman-teman ketinggalan jaman.
b. Tablet barang yang bagus, yah saya gaptek, tidak tahu cara menggunakannya, tidak usah deh.
c. Wah, ini barang bagus, apalagi yang terbaru, paling tidak saya bisa mengakses berbagai macam informasi yang saya butuhkan.

4. Dibawah ini ada tiga pernyataan, dan pilih mana yang sesuai dengan apa yang kamu pikirkan.

a. Tidak masalah kita punya ide untuk terjun di bisnis online, tapi sayangnya sering kali orang yang menjadi patner kita tidak sejalan pada  pandangan dan visi dengan kita.
b. Boleh-boleh saja ada orang yang mengatakan bahwa bisnis online adalah bisnis masa depen, tapi harus diingat ternyata bisnis online belum terbukti 100% keberhasilannya, dan juga banyaknya keraguan para konsumen untuk melakukan transaksi online, ini adalah bukti bahwa bisnis online masih jauh dari yang kita harapkan.
c. Sekarang ini banyak orang yang menjadikan internet sebagai media untuk melakukan promosi, ini adalah bukti bisnis online mempunyai harapan besar di masa depan, dan juga karena terbatasnya waktu, akan mendorong orang untuk berbelanja secara online, wong kereta api saja sudah menerapkan penjualan tiket lewat internet.

5. Bagaimana caranya agar produk yang kamu jual secara online bisa dikenal secara luas sehingga diketahui oleh para pengguna internet ?

a. Sosial media seperti facebook, dan lainnya bisa diperhitungkan, namun saya skeptis itu bisa efektif, dan memang untuk menjalankannya perlu usaha ekstra, dan patut dipertimbangkan juga untuk menggunakan media lain untuk berpromosi.
b. Saya akan gunakan email untuk memberitahukan produk saya, dan juga merekkut orang untuk membantu saya mempromosikan produk yang saya jual secara online, sepertinya ini cukup efektif.
c. Untuk mempromosikan secara online ada banyak cara yang bisa dipilih, contohnya saya memanfaat mesin pencari seperti google, dan juga memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, dan google plus, mempromosikan di media sosial cukup murah, dan bagus, atau juga saya gunakan blog.




Hasil Tes 

Dibawah ini merupakan hasil tes dari pilihan yang telah kamu pilih, silahkan kamu cocokkan, kamu masuk pada tipe apa.

Jika kamu memilih jawaban a

Sebenarnya kamu sudah cukup memahami apa itu bisnis online, dan juga mengetahui resiko yang harus ditanggung, tapi memang kamu tidak punya minat yang cukup, seandainya kamu mempunyai minat yang besar, dan juga dibarengi dengan mengerti selak beluk bisnis online, maka kamu bisa menjalankan bisnis online, kapan saja dan dimana saja, bahkan mungkin kamu bisa meraih keberhasilan.


Jika kamu memilih jawaban b

Kamu termasuk tipe orang yang tidak peduli dengan bisnis online, dan seandainya kamu mau belajar sedikit saja, pasti (insya Allah) kamu akan mendapati banyak sisi yang menguntungkan kamu dari bisnis online ini. Sesungguhnya banyak peluang yang bisa kamu dapatkan jika kamu tertarik dengan bisnis ini.


Jika kamu memilih jawaban c

Kamu sudah mempunyai pemahaman yang cukup bagus, dan juga telah memahami resiko yang akan dialami serta kelebihan dari bisnis online ini, kamu sudah siap untuk terjun di dunia bisnis online kapan saja dan dimana saja, seandainya kama dapat mempertahankan semangat dan keinginan ini, bukan lah hal yang mustahil untuk mendapatkan apa yang kamu mau.


Selesai sudah hasil tes "Dapatkah Saya Menjalankan Bisnis Online" semoga dari hasil tes ini, bisa membantu kamu untuk mengetahui tipe apa saya, dan bila memiliki kekurangan maka bisa diperbaiki kekurangnya, dan bila sudah bagus, semoga bisa ditingkatkan lagi, dan ingat hasil tes ini bukan suatu hal yang mutlak, wassalamu'alaikum.

Pin It

3 Komentar:

  1. tesnya kreatif...:)
    sdikit bnyknya sy jdi tahu berada pada tipe apa pada tes ini...hehe

    BalasHapus
  2. bisnis onlien banyak jenisnya, kita harus mencari yg tepat sesuai bidang kita

    BalasHapus
  3. @Arickszone : Semoga kita bisa lebih maju lagi.

    @Kwgen: Yap, dan jangan lupa setelah memilih kita harus fokus :)

    BalasHapus

Bila kamu ada pertanyaan silahkan kirim komentar, dan sebelumnya saya mohon maaf bila terlambat membalas karena banyak kesibukan yang lain :)